Apapun Disiplin Ilmumu, Pelajarilah Ekonomi Digital!

APAPUN DISIPLIN ILMUMU, PELAJARILAH EKONOMI DIGITAL!

Oleh: Sonny Zulhuda

APAC Cyber Summit 2016_1

1. Indonesia dan Malaysia melalui pemimpinnya masing-masing telah menetapkan bahwa Ekonomi Digital menjadi fokus utama dalam membangun negara dan meningkatkan ekonomi bangsa. Tidak hanya jalur lebar Internet yang diperhebat, namun penguasaan konten lokal dan industri kreatif kini menjadi generator baru bagi kemajuan bangsa.

2. Pengalaman saya selama 15 tahun sebagai peneliti, akademisi dan praktisi hukum teknologi informasi, melihat semakin perlunya kita untuk memparalelkan segala ilmu, pengetahuan dan teori yang kita pelajari dengan perkembangan dunia digital. Ekonomi digital yang didominasi dengan penguasaan teknologi informasi dan optimalisasi data mengharuskan kita menjawab berbagai tantangan digital.

3. Saya saksikan sendiri di berbagai universitas top di dunia seperti Oxford, Sydney, UNSW, Tsinghua, Toronto dan Yonsei University mereka sudah mendirikan lembaga kajian yang fokus terhadap isu konvergensi teknologi informasi dalam berbagai aspeknya. Universitas Indonesia dan UNPAD saya pikir sudah memulai lebih awal dalam konteks Indonesia. Yang lainnya, belum kelihatan! Sementara, semakin banyak pula lembaga internasional yang menyediakan program, beasiswa, fellowship dan event-event yang bertujuan mencari bakat-bakat muda dalam kajian konvergensi informasi ini. Dalam berbagai kesempatan saya summer school, fellowship maupun event2 lainnya, kita masih belum terwakili dengan baik,
tidak mencerminkan besarnya populasi, kualitas dan kuantitas masyarakat informasi dari negeri Muslim ataupun South Hemisphere. Saya merasa terpanggil untuk mengajak anda-anda semua penikmat ekonomi digital!

4. Dalam konteks HUKUM dan PERUNDANGAN, isu cyber-law sudah merambah berbagai bidang: perikatan/kontrak, torts, pencemaran nama baik, hukum pidana, hukum ekonomi, HAKI, Hak Asasi Manusia (HAM), hukum publik internasional, hukum perdata internasional, perlindungan konsumen, hukum pembuktian dst. Saya perhatikan kini makin banyak mahasiswa pasca-sarjana yang melakukan penelitian di bidang hukum cyber dan teknologi informasi.

5. Anda yang belajar TEKNOLOGI baik elektronik maupun mekanik, sipil maupun industri, mau tidak mau harus memperhitungkan perkembangan teknologi informasi yang diadopsi dalam rekayasa teknis modern. RFID, Nano-tech dan Artificial Intelligence (AI) yang kini menjadi primadona teknologi rekayasa melibatkan data analytics yang merupakan trend digital saat ini. Solusi yang dihasilkan akan mencengangkan kita karena tidak pernah se-efisien saat ini. Kajian smart-city, eco-building, Internet of Things kini diminati secara global.

6. Anda yang ahli di bidang PSIKOLOGI dan KOMUNIKASI, pasti semakin disibukkan dengan tumbuhnya generasi “digital native” yang mengadopsi norma dan nilai unik komunitas melek informasi. Perilaku dunia maya, kriminologi cyber dan juga disrupsi psikologis yang muncul karena keterikatan manusia dengan teknologi digital telah menjadi subyek penelitian dimana-mana. Termasuk didalamnya isu kepribadian ganda antara perilaku online dan offline sesorang yang sering tidak sejalan! Ini bukan hanya riset menarik, namun juga menantang! Ini belum termasuk bidang psikologi industri yang kini sudah sangat memanfaatkan media sosial dalam membangun keterbukaan informasi, imej perusahaan dan korporasi serta berinteraksi dengan konsumen dan stakeholders lainnya.

7. Di bidang EKONOMI dan KEUANGAN, kemajuan “Fintech” menjadi subyek utama penelitian dan kebijakan terkini dalam indsutri keuangan. Ini dikarenakan faktor efisiensi dan kebiasaan. Maka solusi seperti electronic payment, virtual ledger (bitcoins, etc), dan Internet banking menjadi keniscayaan hari ini. Sudahkah institusi keuangan, perundangan dan audit kita siap menghadapi tantangan fintech ini?

8. Dalam aspek BISNIS dan PERNIAGAAN, berbagai inovasi e-commerce melalui gadget dan media sosial memunculkan banyak pemain bisnis kecil namun digdaya, seperti Insta-shop, YouTube commerce, Online shop, Mobile Apps dan sejenisnya. Belum lagi dengan ekonomi berbagi (“Sharing Economy”) yang dimotori oleh Uber, Traveloka dan AirBnB. Tidakkah ini sebuah peluang usaha yang baru layaknya hutan perawan yang terbuka untuk dijelajahi?

9. Anda yang menekuni dunia KEMILITERAN dan KAJIAN STRATEGIS, sudah saatnya melirik konsep dan praktik tentang cyber-defense dan cyber-war. Apakah bentuk-bentuk perang asimetris yand dapat diciptakan melalui penguasaan sistem informasi? Apakah ancaman hacker dan ransomware bisa digunakan untuk menekan dan memerangi sebuah negara? Kalau dulu masih belum terbayang, maka sekarang sudah semakin nyata!

10. Anda yang asyik mempelajari dan memerhatikan dunia POLITIK dan PEMERINTAHAN, maka isu open-government, pemerintahan digital dan perlindungan infrastruktur digital menjadi bidang yang cukup sexy. Banyak penelitian yang kini kerap menunjukkan hubungan paralel antara kemajuan sebuah negara dengan tahap meleknya masyarakat terhadap informasi. Belum lagi dengan kencangnya tuntutan terhadap digitalisasi pendidikan, administrasi publik dan aspek lainnya.

11. Last but not least, sobat-sobat yang menekuni bidang kajian AGAMA, ETIKA dan FILSAFAT.. inilah saatnya anda mengkonsep dan mengidentifikasi nilai-nilai aplikatif yang diperlukan sebagai landasan normatif dan filosofis bagi dunia informasi saat ini. Anda harus bisa menjawab, misalnya, apakah Robot (Artificial Intelligence) dapat dibebani hukum manusiawi? Apakah penyebaran HOAX dapat dicegah melalui pendekatan agama? Bagaimanakan penggunaan media sosial yang beradab dan beretika? Bagaimana para orangtua mengembangkan pendidikan digital yang positif terhadap anak-anaknya? Apa dan bagaimana Fiqih Informasi itu? Kudo untuk Muhammadiyah yang telah mencanangkan kajian fiqih teranyar ini, semoga dapat menginspirasi bangsa kita pada umumnya.

Akhirnya, mari kita kawal dunia cyber kita, agar dapat kita optimalkan demi menunaikan tugas kita sebagai khalifah Allah di muka bumi.

Advertisements

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • July 2017
    M T W T F S S
    « Jun    
     12
    3456789
    10111213141516
    17181920212223
    24252627282930
    31  
  • Visitor

    free counters

  • Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

    Join 1,575 other followers